Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke DMCA

Share:
Artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya. Dari topik memang artikel ini masih sangat berhubungan dengan artikel sebelumnya yaitu menyangkut duplikat konten dan DMCA. Seperti yang ane katakan di artikel sebelumnya, ane membuat artikel lanjutan di postingan ini , agar kelihatan lebih rapih aja. Jadi, sebelum agan membaca artikel ini, lebih baik agan baca artikel sebelumnya terlebih dahulu.

Setelah agan membaca artikel sebelumnya mengenai duplikat konten dan DMCA, mari kita lanjutkan pembahasannya. Dalam artikel ini, masuk dalam topik ke-tiga yaitu Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke DMCA, simak ulasannya beserta tutorialnya berikut ini,

Cara Melaporkan Pencurian Artikel di Blog ke DMCA

Ada cukup banyak yang harus diperhatikan sebelum melaporkan pencurian konten. Karena kita tidak boleh asal melaporkan pencurian konten. Salah satunya adalah apa penyebabnya dan siapa yang melakukannya. Karena beberapa pencurian konten tidak sepenuhnya merugikan kita, ada yang dapat memberikan keuntungan bagi kita.

Menurut ane ada 2 tipe blogger yang melakukan pencurian konten.

Tipe 1 adalah blogger yang pemalas dan hanya mementingkan keuntungan pribadinya sendiri. Disalah satu artikel ane, ane pernah menyebutkan bahwa tipe blogger ini hanya memperbodoh dirinya sendiri dan harusnya tipe blogger seperti lebih baik berhenti ngeblog. Karena biasanya artikel yang mereka curi akan digunakan mereka sebagai pencipta backlink bagi blog mereka.

Caranya dengan menggunakan Auto Blog, maksudnya artikel yang mereka curi akan dimasukkan kedalam suatu blog yang disebut Auto Blog dan setiap pengunjung yang mengunjungi blog tersebut akan dialihkan ke blog milik mereka. Cara yang licik untuk memperbanyak pengunjung blog. Dan inilah yang sepatutnya untuk dilaporkan.

Baca Juga: Cara Melindungi Konten Blog dengan Memasang DMCA

Tipe 2 adalah blogger baru yang belum mengerti tentang pencurian konten. Dulu saat ane baru belajar ngeblog, ane bingung banget apa yang mau ane tulis selain cerita-cerita ane. Karena ane yang memang gak ngerti, akhirnya ane copy paste artikel milik orang lain. Ane lupa berapa artikel yang ane copy, tapi seinget ane cukup banyak yang ane copy ke blog ane. Dan selang seminggu setelah itu tiba-tiba artikel ane mulai mendapat peringatan dan sampai pada akhirnya blog ane dibanned.

Jadi ada baiknya kita memperingatkan sendiri kepada pemilik blog tersebut, agar kita tidak salah paham. Tapi jika tidak bisa diperingatkan barulah laporkan.
 
Dan ane dulu termasuk blogger yang tidak bisa diperingatkan, sebenarnya bukan gk bisa diingatkan, masalahnya karena ane gk ngerti sama sekali maksud dari pesan yang di kirim google, yaudah jadinya ane abaikan, dan akhirnya dibanned tuh blog sampah ane.

Tidak semua pencurian artikel merugikan bagi kita. Kenapa ? Karena jika kita mengatur RSS Feed kita dengan benar, maka itu akan berdampak baik bagi blog kita. Selain bisa menambah pengunjung kita juga akan mendapatkan backlink secara gratis dan berkualitas. Untuk lebih jelasnya Baca Artikel ini Cara Mencegah Pencurian Artikel di Blog. Didalam artikel tersebut ada yang menyinggung perihal masalah diatas.

Agaknya basa-basinya udah kebanyakan ya, lebih baik langsung aja keintinya yaitu Cara Melaporkan Blog yang Mencuri Konten Milik Kita

Pertama, silakan masuk ke webmaster>tools>dmca notice, atau silakan langsung masuk ke Google DMCA Notice,
Isi semua form yang tersedia, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah,

Selanjutnya ada 3 kolom yang harus agan isi,
isi kolom pertama dengan alasan agan melaporkannya,
isi kolom kedua dengan artikel agan yang di copas, dan
kolom yang terakhir isi dengan blog yang mencuri artikel agan, lihat gambar dibawah,


Setelah itu, centang ketiga form yang bernomor 1, pada form nomor 2 isi dengan tanggal agan membuat laporan tersebut, nomor 3 isi dengan nama lengkap agan, nomor 4 centang captha, dan terakhir submit.

Setelah itu agan hanya tinggal menunggu pemberitahuan dari google, yang penting sering-sering aja ngecek gmail.

Baca Juga:
10 Kisah Sukses Berkat Usaha di Bidang Kuliner
Pokemon Go, Versi Modern dari Tamagotchi
Konsumsi Satu Timun Setiap Hari agar Pipi Tirus

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga pembahasannya jelas dan dapt bermanfaat bagi agan-agan semua. Jika masih ada pertanyaan menyangkut hal tersebut bisa agan tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Dan jika artiekl ini bermanfaat, luangkanlah waktu sedikit untuk share artikel ini keteman-teman sesama blogger kalian.
Terima Kasih.

11 comments:

  1. Ini yang saya butuhkan, makasih gan, saya coba nih

    ReplyDelete
  2. Ternyata copy artikel bisa dilaporkan...baru tahu..thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan bisa dilaporkan, jadi kalo ada artikel agan yang dicuri laporkan aja gan dengan cara diatas

      Delete
  3. nice info, gan
    kebetulan dulu pernah dicuri artikel saya

    ReplyDelete
  4. infonya sangat bermanfaat gan. thx :D

    ReplyDelete
  5. mantab mau gue laporin tuh, masa gue bikin artikel capek2 dia malah copas kan nggak enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi sebaiknya peringatkan dulu si pencuri konten, kalo tidak bisa diperingatkan baru dilaporin

      Delete
  6. Thanks infonya mas sangat bermanfaat (y)

    ReplyDelete