Cara Cepat Membuat Disclaimer Blog

Share:
Selain Contact Us dan Privacy Policy, Disclaimer adalah salah satu laman yang harus dibuat oleh setiap blogger di blognya. Memang bukanlah hal wajib setiap blog memiliki dislaimer, apalagi blog yang dibuat hanya sebagai tempat curhat adminnya dan bukan untuk hal-hal yang berbau komersil.

Namun dislaimer penting untuk blog yang ingin didaftarkan ke adsense. Selain itu, dengan adanya dislaimer pada blog, membuat blog tersebut terlihat lebih profersional. Coba saja kita lihat blog-blog besar, pasti ada laman disclaimer yang terletak di header ataupun footernya.

Disclaimer sendiri adalah laman yang berisikan suatu pernyataan tentang semua hal yang dibuat pada suatu blog atau website tersebut hanya sebuah informasi dan tidak ada pertanggung jawaban atas keakuratan informasi tersebut.

Inilah yang membuat beberapa oknum berani membuat berita hoax, karena pada dasarnya disclaimer memberikan perlindungan kepada pemilik situs. Dan pembaca situs tersebut secara otomatis menerima syarat dan ketentuan tersebut.

Hal yang harus kita pegang sebagai blogger adalah menggunakan disclaimer bukan sebagai pelindung saat kita secara tidak bertanggung jawab menyebarkan berita hoax yang merugikan orang lain, tetapi sebagai pelindung saat kita menulis suatu pendapat yag mungkin terjadi kekeliruan atau kesalah pahaman.

Lalu bagaimana cara membuat disclaimer tersebut? Ada dua cara dalam membuat disclamer, yang pertama adalah dengan menulisnya sendiri dan yang kedua adalah dengan tools.

Gangkutu sendiri menggunakan tools dalam membuat disclaimer. Karena memang sedikit repot dan lama membuat disclaimer sendiri atau manual. Itupun ane buat agar diterima adsense, tapi nyatanya belum juga dapat surat cinta dari adsense. Maaf gan sedikit curhat, ya itulah lika-liku seorang blogger.

Oke, langsung aja ke materi yang sesungguhya. Dalam pembuatannya ane disini menggunakan tools. Berikut adalah Cara Cepat Membuat Disclaimer Blog

Pertama kita buka situsnya dan buka toolsnya
http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/

 
Kemudian isi semua informasi tentang blog yang akan dipasang disclaimer, setelah itu klik Generate Disclaimer,

Akan muncul halaman baru yang berisikan HTML Code, copy semua kode tersebut, untuk melihat hasilnya bisa dilihat dengan cara klik Preview Your Disclaimer,

Terakhir adalah memasangnya di blog. Buat laman baru, lalu ganti compose ke HTML, paste kan kode yang didapat tadi, dan kemudian Publish.

Baca Juga:
Cara Membuat Privacy Policy di Blog dengan Mudah
Cara Membuat Laman Contact Us atau Hubungi Kami di Blog

Itulah cara cepat membuat disclaimer blog. Jika masih ada pertanyaan seputar artikel diatas agan bisa bertanya lewat komen dibawah ini.

Jangan lupa share ya gan ke blogger-blogger lain. Agar blognya bisa diterima adsense dan lebih terlihat profesional. Terima Kasih.

3 comments:

  1. sangat simple sekali caranya mudah dan friendly sekali thanks gan

    ReplyDelete
  2. Bisa saya praktekkan nih... Makasih infonya

    ReplyDelete