6 Pokemon ini adalah Legenda di Dunia Nyata

Share:
Pocket Monster atau yang biasa kita sebut Pokemon merupakan permainan tersukses kedua setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo. Pokemon sendiri diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Perkembangan pokemon dari tahun ke tahun cukup banyak mengalami perubahan. Dari mulanya hanya game konsol, berkembang menjadi berbagai bentuk seperti serial anime, manga, dan film.

Banyak sekali penggemar pokemon dari seluruh dunia, anak-anak bahkan orang dewasa sangat menyukainya. Dari game, serial anime, hingga film pasti para penggemar pokemon tidak akan melewatkannya. Belum lagi dengan diluncurkannya Pokemon Go pada bulan Juli 2016 lalu. Para penggemar pokemon ramai-ramai memainkannya di ponsel pintar mereka.

Salah satu yang membuatnya unik adalah karakter-karakter dan bentuk pada pokemon sendiri. Beberapa pokemon memiliki bentuk yang aneh seperti metapod, luvdisc, dan bronzor. Banyak pula karakter yang menyerupai hewan-hewan dan tanaman. Tapi taukah kamu, kalau beberapa karakter didalam permainan pokemon diambil dari mitos dan legenda yang ada di dunia nyata. Berikut adalah 6 Pokemon yang diambil dari Mitos dan Legenda di Dunia Nyata.

Whiscash
image: 
http://pokemon.wikia.com/wiki/Whiscash
https://blogs.scientificamerican.com/

Whiscash adalah pokemon jenis air, dengan bentuk menyerupai ikan lele besar. Ini ditandai oleh kumis Whiscash yang sangat mirip dengan ikan lele. Pokemon ini sangat melindungi teritorialnya atau wilayahnya. Kekuatan Whiscash sangatlah membantu untuk mentegaskan karakternya. Ketika dalam keadaan terancam Whiscash akan menyebabkan gempa bumi.

Lalu mitos apa yang berkenaan dengan pokemon ini. Namazu adalah tokoh dari mitologi Jepang, yang mana dalam cerita rakyat Namazu dapat menyebabkan bencana alam seperti gempa bumi. Bentuk Namazu pun nyaris seperti ikan lele. Dan itulah bentuk dan kesamaan kekuatan antara Whiscash dan Namazu.

Ninetails
image: 
http://www.pokemon.com/us/pokedex/ninetales
http://vampirediaries.wikia.com/wiki/Kitsune

Ninetails merupakan pokemon jenis api dengan ciri khasnya memiliki sembilan ekor. Ninetails adalah bentuk evolusi atau perubahan dari pokemon Vulpix. Jika melihat sekilas, Vulpix terlihat seperti rubah, tapi apakah pokemon ini menyerupai bentuk rubah?

Vulpex adalah nama latin yang berarti rubah, jadi sudah jelas pokemon Vulpix merupakan bentuk adopsi dari rubah. Lalu bagaimana dengan Ninetails, di Jepang ada sebuah legenda yang bernama Kitsune yang berarti rubah. Kitsune sendiri berasal dari cerita rakyat dari Jepang yang mana hewan tersebut dipercaya memiliki kekuatan gaib. Dengan bertambahnya umur Kitsune, maka akan bertambah pula ekornya. Dan jika ekor Kitsune sudah mencapai sembilan ekor, kekuatanya akan semakin kuat dan warna bulunya berubah menjadi putih. Disinilah letak kesamaan antara Kitsune dan Ninetails, yaitu sama-sama memiliki sembilan ekor dan bulu berwarna putih.

Zapdos
image: http://listverse.com/

Zapdos merupakan pokemon legendaris lainnya seteleah Ho-oh yang di adopsi dari mitologi yang ada di dunia nyata. Pokemon dengan bentuk burung dan kekuatan listrik ini berdasarkan pokedex berada di awan sebagai pengontrol petir. Dan ini sesuai dengan salah satu mitologi kepercayaan bangsa asli Amerrika yaitu Thunderbird.

Thunderbird dapat menimbulkan suara petir yang amat bising dengan cara mengepakkan sayapnya. Hal itu sama dengan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Zapdos. Selain itu Thunderbird juga melakuan perburuan terhadap mahkluk bawah air dengan menggunakan petirnya. Begitu pula dengan Zapdos, saat menghadapi pokemon lain terutama pokemon jenis air, Zapdos akan sangat mudah memenangkan pertarungan. Jadi tidak terlalu mengejutkan bahwa Zapdos dan Thunderbirs memiliki banyak kesamaan.

Shiftry
image: http://listverse.com/

Shiftry adalah pokemon berjenis rumput, pokemon ini dibuat ketika di game memasuki generasi ketiga. Shiftry banyak ditemukan di pohon-pohon tua dengan bentuk tangan yang menyerupai sebuah kipas. Kipas tersebut terbuat dari tiga helai daun dan berfungsi sebagai senjata yang dapat meledakan musuhnya dengan angin.

Salah satu mitologi Jepang yaitu Tengu dapat dikaitkan dengan pokemon Shiftry. Ini diperkuat dengan bentuk hidung yang sama persis dan habitatnya yang sama yaitu hutan dan pegunungan. Tengu sendiri adalah goblin Jepang yang dikenal sebagai penghancur atau perusak hutan. Mereka dapat menimbulkan angin yang sangat dahsyat dengan tangan mereka.

Mawile
image: http://listverse.com/

Sekilas jika melihat pokemon Mawile dari depan, pokemon ini memiliki bentuk wajah yang imut. Tapi dibalik wajah yang imut itu, ternyata Mawile menyembunyikan sepasang rahang yang mengerikan tepat dibelakang kepalanya

Legenda yang berhubungan dengan Mawile bernama Futakuchi-onna. Dalam beberapa legenda Futakuchi-onna adalah iblis yang dapat berubah bentuk, tetapi versi lain mengatakan dia hanya seorang wanita yang amat kelaparan. Letak kesamaan antara pokemon Mawile dan Futakuchi-onna adalah sepasang rahang yang berada dibelakang kepala mereka.

Ho-Oh
image: http://listverse.com/

Ho-oh merupakan salah satu pokemon legendaris, pokemon berbentuk burung dengan jenis api ini memiliki sayap yang berwarna-warni. Walaupun tergolong pokemon legendaris, Ho-oh adalah pokemon yang paling mudah didapat dibandingkan pokemon legendaris lainnya seperti Suicune, Raiko, ataupun Lugia.

Lalu mitos apa yang berhubungan dengan Ho-oh, dengan melihat sayap serta merupakan burung jenis api, maka yang paling dekat dengan itu adalah Phoenix. Phoenix adalah sebuah mitos yang berbentu burung dengan diselimuti api. Di Cina dan Jepang burung ini memiliki nama yaitu Fenghuang dan Ho-oh.

Baca Juga:
Tutorial Lengkap Menggambar Bunga Mawar
Mengenal Jenis-jenis dan Urutan Kualitas Film

Sumber referensi:
http://listverse.com/

2 comments:

  1. Nah.. Sebenarnya makhluk makhluk legenda ini dlu nya benar benar ada gak sih...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga kurang tau gan, tapi yang namanya mitologi itu bisa benar-benar ada atau juga hanya kepercayaan masyarakat sekitar

      Delete