Langkah Awal Memulai Bisnis Online: Membuat Email di Google Mail (Gmail)

Share:
Google merupakan mesin pencari paling populer nomor satu di dunia. Dengan banyaknya pengguna google di seluruh dunia, menjadikan google sebagai salah satu sarana untuk menjalankan bisnis adalah keputusan yang tepat.

Terlebih banyak pula akun-akun penting yang akan tersambung dengan email dari google ini. Misalnya situs-situs yang sangat terkenal seperti youtube, blogger, dan adsense serta situs yang dibuat google lainnya.

Gmail sebagai Langkah Awal Dalam Memulai Bisnis Online

Google mail atau Gmail memang sangat direkomendasikan kepada pelaku bisnis online. Selain karena mudahnya mengakses banyak akun, gmail juga menjadi sarana komunikasi yang baik layaknya media sosial.

Google memiliki akun media sosialnya sendiri yang menyaingi facebook dan twitter, jangkauan dan penggunanya pun luas. Berbagai penjuru dunia, baik usia muda ataupun tua, serta penduduk bekerja atau yang dirumah saja, pasti memilikinya. Kita bisa menyebut medis sosial milik google ini dengan sebutan google+ (google plus). Dengan google plus para pelaku bisnis terutama online dapat dengan mudah mempromosikan produk yang dijualnya.

Manfaat Gmail Dalam Meningkatkan Penjualan

Gmail sendiri mampu menjadi sarana beriklan gratis dengan memanfaatkan situs buatan google lainnya yaitu google bisnisku. Cara lainnya dengan memberikan pesan singkat lewat gmail kepada calon pembeli berupa keterangan produk yang dijual. Saran saya berikan keterangan yang sesuai dengan produk tersebut, agar tidak ada kekecewaan setelah membeli. Lebih baik pembeli membatalkan pembelian produk yang anda jual ketimbang si pembeli memberikan feedback yang buruk bagi anda. Pengaruh feedback buruk oleh pembeli akan mengakibatkan menurunnya kredibilitas anda sebagai penjual.

Selain itu, dengan memiliki email atau gmail, anda juga dapat mendaftar ke banyak situs pasar online. Beberapa situs pasar online yang menguntungkan bagi anda sebagai penjual diantaranya OLX, tokopedia, dan bukalapak. Untuk tutorialnya akan saya berikan pada artikel-artikel berikutnya, maka dari itu jika anda tidak keberatan anda bisa subscribe blog ini ataupun bookmark.

Penting bagi setiap pelaku bisnis online memiliki email untuk memudahkannya dalam berkomunikasi dan menjalin kerja sama demi mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. Seperti yang sudah saya jabarkan diatas, yang sangat direkomendasikan disini adalah dengan membuat email dari google mail (Gmail).

Cara Membuat Gmail

Berikut adalah tutorialnya, silakan perhatikan dengan rinci agar gmail anda terbuat dengan cepat dan mudah.

1. Pertama buka gmail melalui link http://mail.google.com/ dan lakukan pendaftaran dengan klik tombol Create an account.

2. Isi semua form yang tersedia, untuk kolom Your current email address, anda bisa mengosongkannya ataupun mengisi dengan alamat email sebelumnya (jika anda sudah pernah membuatnya).
cara membuat gmail

3. Centang kolom yang berada pada samping tulisan I agree, itu sebagai tanda bahwa anda telah menyetujui semua persyaratan google. Kemudian klik tombol Continue to Gmail.

cara memulai bisnis dengan membuat email

4. Tunggu sampai proses loading selesai, maka setelah itu akun gmail anda akan terbuka. Kira-kira tampilan awalnya seperti dibawah ini, sampai disitu anda telah berhasil membuat akun gmail. Tetapi jika anda perlu untuk mengisi keterangan lainnya, anda dapat melengkapinya dengan klik tombol atau link yang berbetuk lingkaran.

google mail (gmail)
Mudah bukan? Tetapi ini hanyalah tahap awalnya saja, masih banyak yang perlu anda buat sebelum memulai bisnis online dan berpenghasilan. Cara beriklan yang baik serta efektif harus pula anda terapkan. Agar penghasilan anda dari penjualan tersebut meningkat dan semakin berkembang.

Untuk artikel selanjutnya saya akan menyajikan artikel dengan judul "Cara Daftar Paypal". Sedikit informasi, paypal adalah bank internet, fungsinya untuk transaksi via internet. Paypal akan sangat membantu anda pada proses penjualan yang mencapai luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut dan tutorial pembuatan akun paypal, anda dapat membacanya lewat link berikut.

Selengkapnya: Cara Membuat Akun Paypal

1 comment:

  1. Baru tau ternyata gmail banyak banget kegunaanya selain sebagai email, sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete