Cara Mudah Membuat Form Survei Sederhana dari Widget Bawaan Blogger

Share:
Demi kemajuan blog, tentunya kita tidak hanya meningkatkan kualitas artikel yang kita tulis. Kita juga perlu mengetahui beberapa kebutuhan pengunjung tentang informasi yang ia butuhkan dari blog kita.

Dengan begitu, blog kita akan menjadi blog yang interktif dengan pembaca. Blog interaktif tentunya sangat menguntungkan bagi kita sebagai blogger. Selain dapat menjalin silaturahim dengan pembaca, blog kita juga akan semakin ramai dan aktif karena terjadi obrolan yang "pintar".

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat blog anda menjadi blog yang interakti diantaranya adalah dengan sering membalas komentar dari visitor, membuat kolom tersendiri untuk pembahasan diluar topik blog, dan membuat polling atau survei sederhana.

Dengan melakukan beberapa survey kepada pengunjug tentang apa kelebihan dan kekurangan dari blog kita. Tentunya kita akan semakin paham dan tahu lebih dalam lagi tentang topik yang kita bahas.
Selain itu, kita juga bisa menanyakan keadaan blog kita saat ini dimata mereka, yang mungkin kita sendiri belum tentu mengetahuinya.

Baca Juga: Cara Share Artikel Blog Otomatis Ke Fanspage Facebook

Maka dari itu, cobalah untuk membuat polling sederhana di blog anda utnuk membuat blog anda lebih baik lagi.

Berikut adalah cara mudah membuat  form polling sederhana di blog.

1. Pertama login terlebih dahulu ke akun blogger anda.

2. Kemudian pilih menu Tata Letak/Layout, lalu klik Add Gadget atau Tambah Gadget.

3. Setelah itu, pilihlah Polling dan kemudian isi pertanyaan anda, isi jawaban yang akan dipilih pengunjung anda, dan tentukan batas waktunya, terakhit klik tombol Simpan.
membuat kolom polling

4. Maka tampilan polling blog anda akan seperti dibawah ini.
hasil polling

Itulah tutorial singkat tentang cara membuat form survey atau polling sederhana dengan gadget bawaan blogger.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Watermark Pada Gambar dengan Software Inpaint

Sebenarnya dalam membuat tutorial ini saya menggunakan blog saya yang lain. Ini dikarenakan template blog gangkutu sudah tidak support gadget bawaan blogger lagi. Alhasil gadget bawaan blogger ada yang tidak muncul saat dipasang, begitu juga dengan gadget polling ini. Maka dari itu tampilan sedikti berbeda dengan tampilan blog gangkutu. Tetapi untuk template lain, saya rasa masih bisa utuk memunculkan gadget bawaan blogger.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, apabila ad pertanyaan atau tambahan seputar artikel yang dibahas, silakan gunakan kolom komentar dibawah.

No comments