Cara Memasang Chatbox di Blog

Share:
Banyak sekali blogger yang menginginkan blog yang dikelolanya ramai pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung, menandakan artikel yang ditulis didalam blog tersebut berkualitas tinggi.

Tulisan seorang blogger memang haruslah bagus dan memiliki ciri khas. Karena hal itu adalah alasan utama pengunjung mau merayapi blog tersebut.

Tugas seorang blogger untuk membuat blognya ramai pengunjung adalah dengan memberikan perhatian lebih kepada pengunjung setianya.

Beberapa diantaranya adalah dengan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pembacanya. Tentu pengunjung dapat bertanya lewat kolom komentar yang sudah disedikan dibawah setiap artikel.

Namun sayangnya terkadang untuk membalas komentar, admin blog cukup lama dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Dan mungkin setelah jawaban diberikan oleh admin tersebut, pengunjung tersebut sudah berhasil mendapatkan jawaban yang diajukannya.

Maka dari itu cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang chatbox pada blog. Bagi anda pemilik blog dengan banyak pengunjung interaktif, akan bermanfaat sekali apabila anda memasang widget tersebut di blog anda.

Sebenarnya chatbox akan bermanfaat sekali apabila dipasang di blog dengan niche download. Request serta melaporkan kerusakan link akan sangat mudah dilakukan dengan widget tersebut.

Tapi tidak ada salahnya bagi anda pemilik blog dengan niche lainnya untuk memasang chatbox di blog kesayangan anda. Karena mungkin nanti akan sangat bermanfaat bagi pengunjung dan anda sendiri selaku pengelola blog.

Cara Memasang Widget Live Chat via Cbox

1. Pertama silakan kunjungi terlebih dahulu situs yang menyediakan live chat untuk blog disini https://www.cbox.ws/

2. Masukan email anda dan tekan tombol Go. Jika anda belum memiliki email, baca tutorial ini untuk membuat akun Gmail atau anda juga bisa membuat email lewat yahoo mail.
daftar cbox

3.Selanjutnya isi semua form yang tersedia dan tekan tombol Create My Cbox.
daftar chatbox

4. Lalu akan muncul halaman baru, pilih tombol get your embed code.
embed kode chatbox

5. Setelah itu anda akan mendapat kode scirpt untuk anda pasang di blog anda. Tekan tombol Copy to clipboard untuk mengcopy script tersebut.
script chatbox

5. Masuk ke akun blogger anda, pilih Tema atau Tata Letak, lalu pilih Tambahkan Gadget, dan kemudian pilih HTML/Javascript.

6. Terakhir pastekan kode tersebut dan klik Simpan dan lihat hasilnya.
chatbox

Mudah bukan? widget ini memang sangat bagus demi menciptakan blog yang interaktif.

Namun sayangnya kekurangan dari widget ini adalah menggunakan 'iframe'. Dimana 'iframe' sendiri cukup berpengaruh pada loading blog.

Tetapi untuk mengakalinya anda bisa menggubahnya menjadi 'object' dan mengganti 'src' menjadi 'data'. Untuk lebih jelasnya lihat script dibawah ini.

Sebelum diubah
<iframe src="https://www7.cbox.ws/box/?boxid=835564&boxtag=svBHMM" width="100%" height="450" allowtransparency="yes" frameborder="0" marginheight="0" marginwidth="0" scrolling="auto"></iframe>   

Sesudah diubah
<object data="https://www7.cbox.ws/box/?boxid=835564&boxtag=svBHMM" width="100%" height="450" allowtransparency="yes" frameborder="0" marginheight="0" marginwidth="0" scrolling="auto"></object>    

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi tema-teman semua. Apabila ada pertanyaan seputar topik yang dibahas, silakan gunakan kolom komentar dibawah.

No comments