Mata Menyala Berwarna Merah saat Difoto? Itu Tanda Mata Anda Sehat

Share:
Foto merupakan salah satu ajang pamer diri yang banyak dilakukan orang di media sosial. Setiap travelling ke berbagai destinasi wisata, aneh rasanya apabila tidak menggambil gambar satupun ditempat tersebut.

Dengan berbagai jenis kamera digital dan kamera smartphone, puluhan bahkan ratusan foto diambil dari berbagai sudut demi mendapatkan hasil yang bagus dan memuaskan.

Tidak hanya itu, terkadang saat berburu kuliner pun, masih sempat-sempatnya untuk menggambil gambar makanan tersebut sebelum memakanannya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sifat masyarakat modern memang menginginkan perhatian lebih di media sosial. Travelling dan berburu kuliner bukan hal asing bagi mereka yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Tentu demi memuaskan pengikutnya, mereka sangat suka mengekspose gambar atau foto selfie di berbagai tempat yang mereka kunjungi.

Jika anda tergolong masyarakat modern, pasti banyak hal yang ada perhatikan sebelum mengambil gambar. Mulai dari sudut pandang, background yang eksotis, bahkan pencahayaan.

Namun terkadang hal yang sangat mengecewakan dalam mengambil foto adalah saat mata anda menyala dan berwarna merah.

Mungkin anda bingung kenapa hal ini bisa terjadi. Tetapi sebenarnya mata merah saat difoto itu bisa dijelaskan secara ilmiah.

Alasan Mengapa Mata Menyala Berwarna Merah saat Difoto

Dilansir dari brightside efek mata merah ketika difoto biasanya terjadi pada malam hari. Saat foto anda diambil didalam ruangan minim cahaya, otomatis pupil mata anda akan membesar sehingga cahaya masuk lebih banyak ke mata anda.

Kilatan dari kamera yang menggunakan blitz, masuk ke bagian belakang mata yang berisi pembuluh darah yang menghasilkan efek mata merah.

Lalu warna merah tersebut memantul kembali dan akhirnya sampai tertangkap difoto tersebut. Begitulah fenomena mata menyala warna merah (red eye) bisa terjadi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri

Banyak yang beranggapan bahwa mata menyala berwarna merah saat difoto sangat menggangu. Bahkan sudah banyak kamera yang memberikan fitur red eye reduction demi menghilangkan efek tersebut.

Padahal sebenarnya tidak semenyebalkan itu, justru itu sangat bagus dan bermanfaat bagi anda.

Mengapa demikian? Ini dikarenakan efek red eye yang terjadi ketika menggambil gambar di malam hari adalah tanda bahwa mata anda sehat. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini.

Mata Menyala saat Difoto, Cara Unik Mendeteksi Penyakit
penyakit mata coats
 image: http://wreg.com/

Dikutip dari wreg.com seorang ibu bernama Tara Taylor memposting foto anaknya yang berusia 3 tahun bernama Rylee di facebook.

Tentu ia ingin berbagi ke teman-temannya bahwa putrinya tersebut berhasil merapihkan rambutnya sendiri dengan berbagai kuncitan di rambutnya.

Namun ternyata bukan itu yang menjadi perhatian teman-temannya. Justru salah satu teman lebih fokus ke kilatan cahaya yang memantul dari mata Rylee.

Dalam foto tersebut memang menunjukan fenomena yang aneh pada mata Rylee. Dimana mata kanannya menyala berwarna merah dan mata kirinya menyala berwarna kuning.

Akhirnya Tara memutuskan untuk membawa Rylee ke dokter spesialis untuk memeriksa mata anaknya.

Dokter tersebut menemukan bahwa mata Rylee terserang penyakit Coat. Kondisi dimana mata dapat kehilangan penglihatan total (buta).disatu mata. Penyakit tersebut terjadi akibat adanya penumpukan kolesterol di pembuluh darah mata.

Dokter sangat berterima kasih kepada Tara dan temannya, karena cepat membawa Rylee ke dokter sehingga dokter bisa menyelamatkan mata anak tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbesar Ukuran dan Resolusi Foto Tanpa Pecah

Selain itu, ternyata kilatan atau blitz dari kamera digital juga dapat mendeteksi penyakit mata lainnya yaitu retinoblastoma.

Retinoblastoma adalah penyakit kanker pada mata yang umumnya dialami oleh anak-anak berumur dibawah 5 tahun. Tetapi bukan tidak mungkin orang dewasa untuk terserang penyakit ini juga.

Retinoblastoma menyerang salah satu bagian mata pada anak, bagian yang terkena biasanya adalah mata bagian dalam.

Kesimpulan:

Dengan blitz dari kamera digital dan kamera handphone, ternyata mampu mendeteksi penyakit mata. Anda bisa menggunakan cara ini sebagai salah satu cara unik dalam mendeteksi penyakit pada mata anda.

Apabila hasil foto menunjukan mata anda berwarna kuning, itu menandakan mata anda terserang penyakit coat. Dan apabila hasil foto menunjukan mata anda berwarna putih, itu bisa saja mata anda terserang penyakit retinoblastoma. Maka dari itu, periksalah ke dokter spesialis untuk mengetahui lebih lanjut tentang mata anda.

Jadi adalah sebuah berkah namanya, apabila anda menemukan mata anda menyala berwarna merah saat difoto. Karena itu menunjukan bahwa mata anda sehat dan bebas dari penyakit.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, apabila ada kekeliruan seputar informasi yang dibahas, anda bisa gunakan kolom komentar dibawah.

Dan jangan lupa untuk share artikel ini agar teman-teman anda tahu dan bangga dengan matanya yang menyala berwarna merah saat difoto.

Sumber referensi:
http://wreg.com/
https://brightside.me/

10 comments:

  1. Wah ternyata sehat ya kalo mata merah saat difoto haha ane kira ada masalah hahaa

    ReplyDelete
  2. baru tahu kalau difoto mata merah tanda sehat
    terima kasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, terima kasih juga kunjungannya

      Delete
  3. Wow , kalo saya setiap hari merah Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo itu mungkin sakit mata gan wkwk

      Delete
  4. oh begitu ternyata. baru tahu ane.

    ReplyDelete
  5. kirain dia berhasil ngebangkitkan Sharingan... hhh

    ReplyDelete
  6. Baru tahu gan kirain saya karena blitz hpnya yang jelek ternyata itu dari proses pupil ya

    ReplyDelete