10 Tips Mendapatkan Kesan Pertama yang Baik dari Calon Mertua

Share:
Setelah lama berpacaran dan merasa cocok, pasti semua pasangan ingin kejenjang yang lebih tinggi yaitu pernikahan. Tetapi sebelum itu, biasanya sepasang kekasih mulai memperkenalkan keluarganya masing-masing. Dan untuk pertama kalinya mereka bertemu dengan orang tua pasangannya.

Namun, terkadang ada saja hal yang membuat grogi ketika ingin bertemu calon mertua. Karena pada dasarnya, saat pertama kali bertemu, calon mertua akan langsung menilai kekasih anaknya tersebut.

Ini bukan tanpa alasan, setiap orang tua ingin anaknya bahagia di kehidupannya kelak. Jadi, bagi kamu yang ingin menemui calon mertua untuk pertama kalinya, siapkanlah dirimu untuk itu.

Karena tidak semua calon mertua itu mudah. Maksudnya, mereka tidak akan langsung merestui hubungan kalian, walaupun kalian sudah lama berpacaran dan cocok.

Deg-degan itu wajar saat pertama bertemu, tapi pastikan dulu bahwa mereka (calon mertua) terkesan dengan kamu. Karena jika kamu berhasil mendapatkan kesan pertama yang baik dari calon mertua. Bisa dipastikan hubungan kamu dengan pasangan akan semakin mudah nantinya. Dan setelah itupun, tidak sulit rasanya untuk segera melaksakan pernikahan.
tips bertemu calon mertua
image: http://disinherited.com/

Tips-tips berikut ini mungkin akan membantumu mendapatkan hati mereka (calon mertua).

1. Hilangkan Pikiran Negatif

Maksud dari poin ini adalah buang jauh-jauh rasa ketakukan yang kamu miliki. Karena jika ada rasa takut, kamu akan terlihat canggung saat bertatapan dengan mereka

Biasanya pikiran yang mengganggu ketika akan menemui calon mertua adalah ketakutan tidak direstui. Ini beberapa contoh pikiran negatif yang harus kamu hindari:
Bagaimana jika mereka tidak menyukai saya?
Bagaimana jika saya mengatakan hal yang menyinggung mereka?
Bagaimana jika mereka mengajukan banyak pertanyaan?
Bagaimana jika mereka diam saja?
dan lain-lain.
Hilangkan semua pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam pikiranmu, buatlah dirimu senyaman mungkin. Dengan begitu rasa canggung akan hilang dengan sendirinya.

2. Gunakan Baju yang Sederhana dan Nyaman

Selain kepribadian, penampilan juga menjadi penilaian awal calon mertua. Apabila mereka menyukai cara berpakaian kamu, kesan positif dari mereka akan timbul dengan sendirinya. Karena memang yang pertama dilihat ketika bertemu adalah penampilan.

Pilihan terbaik tentu jatuh kepada pakaian yang sederhana dan nyaman tetapi tetap sopan. Walaupun demikian, masih ada saja sebagian orang yang bertanya tentang baju yang cocok untuk ketemu calon mertua. Maka dari itu, gambaran berikut ini mungkin akan membantu kamu menentukan pakaian yang cocok untuk bertemu calon mertua.

Pakaian Pria
baju pria untuk ketemu calon mertua
Pakaian Wanita
baju wanita untuk ketemu calon mertua

Contoh diatas hanyalah gambaran saja, pakaian apa saja boleh yang penting kamu tetap nyaman dan tetap terlihat sopan.

3. Membawa Buah Tangan
bawa buah tangan ke rumah calon mertua

Di Indonesia, kamu mungkin sudah sering mendengar yang namanya norma sosial. Dimana kebiasaan umum menjadi patokan perilaku dalam kelompok masyarakat. Dan buah tangan adalah bagian dari hal itu.

Contoh. Setiap menjenguk orang sakit, aneh rasanya jika tidak membawa apapun, pasti ada sesuatu yang dibawa semisal jeruk dan apel. Begitupun ketika akan berkunjung ke rumah pacar dan menemui calon mertua.

Ada beberapa orang bingung bawa apa ke rumah calon mertua. Jika kamu salah satunya, tidak ada salahnya untuk bertanya dulu pada pacarmu. Namun jika dia mengatakan hal yang tidak spesifik (terserah). Maka bawalah martabak. Ya martabak.

Sebelum sampai di rumah pacarmu, mampirlah dulu untuk membeli martabak manis atau martabak telur. Yang pasti beli yang mereka sukai, sebelumnya pasti kamu sudah bertanya dulu pada pacarmu tentang martabak yang mereka suka. Tetapi jika mereka orang yang tidak pilih-pilih, maka belilah martabak manis yang biasa kamu dan pacarmu beli. Karena setidaknya, nanti ada yang memakan buah tangan tersebut.

4. Kepo dengan Hal yang Mereka Sukai

Sebelum bertemu, kamu bisa menanyakan banyak hal tentang mereka dari pacarmu. Mulai dari hal yang mereka suka dan yang mereka tidak suka. Hal ini tentu dimaksudkan untuk menjadi bahasan atau topik obrolan selama bertatapan muka dengan mereka.

Topik bahasan tersebut bisa kamu jadikan bahan untuk memulai pembicaraan dengan calon mertua. Tetapi, biasanya mereka dulu yang memulai pembicaraan dengan bertanya banyak tentang dirimu.

Kamu bisa memulai topik tersebut setelah mereka selesai bertanya ataupun dimomen canggung saat tidak ada topik pembicaraan.

5. Tunjukan Ketertarikan Tentang Apa yang Mereka Suka

Setelah mengetahui tentang apa yang mereka suka, kamu bisa menunjukan ketertarikan tentang itu. Hal tersebut dapat membuat mereka lebih nyaman karena ada topik pembicaraan.

Tetapi jika kamu belum paham tentang hal yang mereka suka, kamu bisa mencari tau tentang hal tersebut di internet. Jika dirasa hal ini berat dan berlebihan, ingatlah bahwa ini semata-mata untuk mendapatkan hati calon mertua. Dengan begitu setidaknya kamu mau memahami hal yang mereka suka.

Jika ayah pacarmu memelihara ayam, jangan ragu-ragu untuk bertanya. Karena mereka memahami apa yang mereka suka, dengan sendiri mereka akan berbicara panjang lebar tentang hal tersebut. Tapi pastikan juga kamu sedikit memahaminya agar percakapan kamu terlihat nyambung dengan mereka.

6. Jaga Sopan Santun

Walaupun suasana yang kamu bangun dengan mereka sudah cair. Tetaplah ingat bahwa mereka nanti akan menjadi orang tua kamu juga. Jadi ingatkan dirimmu bahwa sopan santun tetap nomor satu. Dengan begitu, selain mereka nyaman dengan kamu, mereka juga akan terkesan dengan kepribadian yang kamu miliki.

7. Jangan Membicarakan Topik Sensitif

Ketika percakapan telah benar-benar habis, biasanya satu sama lain akan merasa canggung. Tetaplah tenang dan cari topik pembicaraan lainnya.

Kamu bisa membicarakan masalah sepak bola, pekerjaan, dan lain-lain. Tapi ada juga topik yang harus kamu hindari, jangan bicarakan masalah yang menimbulkan perdebatan semisal politik dan ekonomi. Karena ini pertemuan pertama, maka perdebatan adalah hal yang harus kamu hindari.

8. Jadi Diri Sendiri

Ingin terlihat baik didepan calon mertua itu bagus, tetapi tetaplah jadi diri sednri. Percuma saja semua tidakan, prilaku, dan cara berbicara yang kamu miliki hanya dibuat-buat. Karena lambat laun mereka akan tau semuanya. Jadi, jangan ada kepura-puraan atau keterpaksaan yang kamu lakukan terhadap mereka.

Dan jika mereka bertanya tentang kamu, jangan pula berikan jawaban yang berbeda. Maksudnya jawaban yang kamu berikan bukanlah hal yang sebenarnya (kamu berbohong). Karena jika mereka tau, pasti akan ada kekecewaan nantinya.

9. Jangan Menunjukan Kemesraan yang Berlebih

Prilaku dan tindakan yang kamu tunjukan, pasti akan dinilai juga oleh mereka. Jika kamu ingin menunjukan kasih sayang pada pacarmu, tunjukanlah yang sewajarnya saja. Jangan terlalu mesra dengan pacarmu didapan mereka. Karena itu dapat membuat suasan menjadi canggung. Merekapun pasti meras tidak nyaman dengan hal tersebut.

10. Pamit dan Ungkapkan Perasaan Tentang Senangnya Kamu Bertemu Mereka 

Setelah lama berbincang dengan mereka dan dirasa waktu sudah malam atau waktunya untuk pulang. Berpamitanlah dengan sopan, katakan pula betapa senangnya kamu bertemu mereka. Jangan lupa juga untuk undang mereka ke rumahmu dan menemumui keluargamu.

Kesimpulan

Petemuan yang berkesan mungkin akan sangat berpengaruh terhadap hubungan kalian. Karena kesan pertama saat pertama kali bertemu merupakan hal yang akan sangat diingat.

Jika kesan pertama berhasil kamu dapatkan dari mereka, untuk pertemuan selanjutnya pasti akan lebih cair dan nyaman. Tetapi jika pertemuan pertama tersebut tidak berjalan sesuai keinginan, pertemuan selanjutnya akan semakin canggung. Jadi, pastikan kamu berhasil mendapatkan kesan pertama yang baik dari calon mertua.

5 comments:

  1. sopan dan jadi diri sendiri itu menurut saya ...
    pengalaman saya

    ReplyDelete
  2. Membawa makanan itu kayanya lebih efektif hehe, nice post gan.

    ReplyDelete
  3. sip bro, alhamdulillah sekarang bukan calon lagi hehe

    ReplyDelete
  4. cocok nih tipsnya buat yang udh ngebet mau nikah

    ReplyDelete
  5. kalo ngapel malem minggu buah tangannya apa ya gan?

    ReplyDelete