5 Tips Membuat Logo Blog untuk Blogger Pemula

Share:
Membangun sebuah blog bukanlah perkara mudah. Banyak pengorbanan yang dilakukan blogger untuk mempopulerkan blog yang mereka kelola.

Membutuhkan banyak waktu untuk setidaknya menulis satu buah artikel yang berkualitas. Dan membutuhkan banyak tenaga untuk mulai melakukan cara terbaik mempromosikannya. Selain itu bukan tidak mungkin untuk mengeluarkan biaya sebagai cara instan membangun blog tersebut.

Sebenarnya apapun cara yang dilakukan sah-sah saja, karena semua blogger memiliki tujuan utama yaitu blog yang mereka kelola terkenal dan bermanfaat bagi banyak orang. Satu hal lagi, blog tersebut mudah diingat dan paling menonjol dari blog-blog lainnya.

Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mendesain sebuah logo. Logo pada suatu blog memberikan gambaran tentang isi artikel yang ada didalamnya. Selain itu, logo blog juga memberikan ciri khas pada blog tersebut.

Mendesain logo tidak semuanya tentang keren atau tidaknya logo tersebut. Melainkan sebuah simbol yang sederhana tetapi mudah diingat. Beberapa tips berikut akan membenatu anda dalam membuat logo. Tidak membutuhkan waktu lama juga tidak membutuhkan keahlian desain grafis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

1. Tidak Semua Logo Letaknya di Header Blog

Pada umumnya logo blog terletak di header blog. Namun ada beberapa alasan untuk tidak meletakannya disana. Anda bisa memindahkan logo dari header ke footer, apabila template anda tidak sesuai.

Misalnya template anda pada bagian header memiliki tinggi tidak lebih dari 40px, maka anda harus berpikir ulang jika ingin meletakknya disana. Karena akan nampak aneh serta tidak terlihat proporsional pada tampilan blog anda sendiri. Ada baiknya untuk meletakannya di footer, toh akan lebih bagus juga tampilan blog anda.

2. Bisa Dimodifikasi

Pernahkan anda melihat sebuah logo pada suatu forum yang dimodifikasi. Logo yang bagus adalah logo yang bisa dimofikasi dengan mudah.

Pada hari-hari besar seperli lebaran, tahun baru, dan hari besar lainnya, logo tersebut bisa diedit dan dimodifkasi sesuai hari besar tersebut.

3. Gunakan Inisial

Apabila nama blog anda terlalu panjang untuk diingat, ada baiknya untuk mendesain logo blog anda dengan huruf inisial. Dengan catatan nama panjang tersebut memiliki 2 kata. Apabila hanya satu kata tidak terlalu disarankan. Tetapi apabila memiliki 2 kata atau lebih, cobalah menggunakan huruf inisial agar blog anda mudah diingat.

4. Sertai Gambar

Sebagian orang akan mudah mengingat gambar ketimbang teks. Jika anda melihat logo-logo brands terkenal, anda sudah bisa mengenali logo tersebut tanpa harus membaca teksnya. Misalnya pada logo Adidas, bisa dipastikan hanya dengan melihat logo tersebut banyak orang akan mengetahui. Maka dari itu, buatlah logo blog anda dari kombinasi antara teks dengan gambar.

5. Tidak Perlu Menggunakan Photoshop

Memang software-software desain grafis memberikan hasil yang maksimal. Namun tidak semua blogger mampu mengopreasikannya dan apabila menyewa jasa pembuatan logo, pasti akan mengeluarkan biaya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih alternatif lain. Anda bisa memanfaatkan aplikasi web edit gambar ataupun situs membuat logo blog.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Logo Blog Hanya 3 Menit

Itulah tips-tips tentang membuat logo blog. Sederhana memang, tetapi menurut saya ini penting terutama untuk blogger pemula.

No comments