Cara Membuat Redirect Template Ketika Credit Link Dihapus

Share:
Demi memenuhi kebutuhan blogger, banyak sekali website yang menyediakan template blog secara gratis ataupun premium. Mulai dari karya atau buatannya sendiri sampai hanya sebagai distributor.

Template premium merupakan template berbayar dan pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Sedangkan template gratis, biasanya hanya memiliki desain yang berbeda-beda saja tanpa terdapat sesuatu yang spesial.

Pada template premium, credit link yang tercantum pada blog dapat dihapus. Sebaliknya, pada template gratis credit link tidak boleh dihapus.

Credit link merupakan link yang terletak pada footer blog, fungsinya sebagai informasi siapa pembuat template tersebut. Credit link juga berperan sebagai tanda hak cipta atau kepemilikan. Apabila tanda copyright tersebut dihapus, tentu akan merugikan si pembuat template.

Walaupun demikian, masih ada saja blogger yang tidak tau terima kasih dan tidak bisa menghargai itu. Mereka menghapus credit link, tanpa meminta izin terlebih kepada pembuat template. Tentu itu suatu pelanggaran hak cipta yang sangat merugikan bagi para pembuat template.

Jadi apabila anda adalah seorang blogger profesional, sudah semestinya anda bisa menghargai dan tidak menghapus credit link tersebut. Terkecuali anda sudah membeli templatenya.

Untuk mengatasi itu, anda (para pembuat template) bisa membuat redirect template apabila credit link yang anda pasang dihapus atau diganti oleh oknum blogger tidak bertanggung jawab.

Efek dari redirect template adalah apabila seseorang menghapus atau mengganti credit link yang anda cantumkan, blog tersebut akan mengarah pada blog lain yang anda kehendaki.

Tutorial ini sangat direkomendasikan bagi anda semua yang membagikan template gratis buatan sendiri. Caranya pun mudah, berikut tutorialnya.

Cara Membuat Redirect Template Ketika Credit Link Dihapus

1. Masuk ke akun blogger anda terlebih dahulu

2. Pilih menu Tema dan klik tombol Edit HTML
membuat redirect template

3. Cari kode script seperti ini "<footer id='footer-wrapper'>" atau yang menyerupainya, kemudian letakan kode dibawah ini tepat dibawah kode script tersebut. Hal ini bertujuan untuk memasang atau mencantumkan copyright template yang anda buat.

<div class='footer-left'>
        Copyright &#169; 2018 <a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='copyright'><data:blog.title/></a>
        | Design by <a class='gkcredit' href='http://gangkutu.blogspot.co.id/' id='gkcredit' title='Gangkutu'>Gangkutu</a>
    </div>

Catatan: Ganti url dan nama tersebut dengan yang anda kehendaki

4. Cari kode "</body>" dan letakan kode dibawah ini tepat diatasnya

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function () { if ($("#gkcredit,.gkcredit").attr("href") != "http://gangkutu.blogspot.co.id/") {
        window.location.href = "http://gangkutu.blogspot.co.id/"; }});
//]]>
</script>

5. Terakhir silakan uji coba, apakah redirect template yang anda buat bekerja sebagaimana fungsinya. Caranya dengan menghapus kode script pada poin 3.

Baca Juga: Begini Cara Seorang Kaskuser Raih 1300$ per Bulan dari Blogger

Itulah tutoial singkat tentang membuat rediect template yang credit linknya diganti atau dihapus. Apabila anda masih bingung silakan tanyakan lewat kolom komentar dibawah.

No comments